Rabu, 17 Juli 2013

Express Air Buka Rute Pontianak-Kuching


Maskapai penerbangan Express Air akan membuka rute internasional baru Pontianak-Kuching dan sebaliknya dengan rencana terbang perdana 27 Agustus 2013, kata Area Manajer III Express Air Patricia Susan Chandra.

"Kalau tidak ada masalah, kami akan melakukan terbang perdana untuk rute Pontianak-Kuching (Sarawak), tanggal 27 Agustus," katanya di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, dibuknya rute tersebut guna memenuhi permintaan layanan rute cukup ramai yang kini baru dilayani maskapai penerbangan MasWings (Malaysia).

"Kami juga baru membuka rute penerbangan Pontianak-Yogyakarta, dengan penerbangan dua kali sehari pulang dan pergi, untuk Pontianak-Bandung dan Batam akan dibuka satu kali sehari," ujarnya.

Manajemen Express Air menargetkan, minimal satu kalau penerbangan bisa membawa 80 hingga 90 penumpang, tetapi ternyata target itu malah melebihi ketika penerbangan perdana beberapa waktu lalu.

"Respons dari masyarakat cukup bagus, hal itu dibuktikan dnegan penerbangan perdana yang penuh, karena merupakan penerbangan alternatif selain harus transit ke Jakarta dulu untuk tujuan Yogyakarta, Bandung dan Batam, apalagi harga yang kami tawarkan cukup murah, yakni 370 ribu/penumpang," ungkapnya seperti dikutip Antara.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura II Chandra Dista Wiradi menyatakan, untuk pembukaan rute Pontianak-Kuching izinya sudah dimiliki tinggal menunggu kesiapan pihak maskapai saja, rute itu akan dikonekkan dengan Pontianak-Kuching-Bandung.

"Pembukaan rute-rute baru, karena selama ini banyak pengguna jasa penerbangan itu didominasi Pontianak-Jakarta, padahal sebagian besar hanya transit sehingga membuat jalur tersebut penuh, diharapkan dengan pembukaan rute-rute baru, dari Pontianak-Yogyakarta, Pontianak-Bandung, Pontianak-Batam oleh maskapai penerbangan Express Air maka bisa mengurangi kepadatan itu," ujar Chandra.

Untuk memecahkan kepadatan itu, pihaknya mencoba membuka peluang pembukaan rute baru-baru itu kepada maskapai penerbangan yang ada, katanya.

"Dan itu disambut positif oleh maskapai penerbangan Express Air, dengan membuka rute penerbangan Pontianak-Yogyakarta-Bandung-Batam itu," ujarnya.

Menurut dia, yang sudah dibuka rutenya, yakni Pontianak-Bandung pada tanggal 5 juli, yang kemudian akan disusul Pontianak-Batam, dan Pontianak-Balikpapan. investor.co.id.